PETUNJUK TEKNIS
LOMBA FRAGMEN
“PIALA BUPATI PACITAN”
TINGKAT SMP SE-KABUPATEN PACITAN
Kerjasama:
PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN
DINAS PENDIDIKAN
Dengan
TEATER GERAK DAN OSIS SMK PGRI 1 PACITAN
2012
PROJECT
PROPOSAL
“LOMBA FRAGMEN TINGKAT SMP/MTs
SE-KABUPATEN PACITAN”
TEATER GERAK dan OSIS SMK PGRI 1 PACITAN
Seketariat: Jl. Cut Nya’ Dien. Ploso, Pacitan Telp. (0357) 881115
HP. 082331338430
A. DASAR PEMIKIRAN
Globalisme yang kita hadapi
bersama telah menghadirkan berbagai produk kebudayaan di tengah masyarakat. Hal
ini juga membawa pengaruh pada lapisan kesenian, terutama di atmosfir seni sastra,
baik yang dari tradisi, kontempor ataupun modern. Ekspansi dari pola-pola
budaya baru tersebut ke lingkup budaya kita, bukan berarti untuk dihindari.
Tetapi eksistensi dari kesenian masyarakat tetap harus mampu mengimbangi baik
secara inovasi estetika bentuk ataupun tata nilai budayanya. Persoalannya
memberikan penyeimbangan bukan satu hal yang mudah.
Antisipasinya,
bagi para pegiat kesenian, baik itu di lingkup mahasiswa, pelajar ataupun umum,
diperlukan berbagai kiat promosi dan bentuk-bentuk baru produksi kesenian yang
lebih baik. Selain itu, mengantisipasi
terkikisnya pengajaran sastra di wilayah pendidikan dan kurangnya minat siswa
terhadap dunia seni sastra. Untuk itu pada instansi-instansi pendidikan diperlukan pembuatan
indikator-indikator kebudayaan. Indikator tersebut menjadi acuan bagaimana kita
dapat mengupayakan penanaman nilai-nilai kebudayaan yang berakar pada tradisi
bangsa dan sebagai
aktualisasi nilai sastra yang mampu meningkatkan IQ, EQ dan SQ. Sekaligus menyiapkan setiap individu pelaku pendidikan agar
mempunyai karakter untuk
tanggap pada perkembangan kebudayaan secara global. Hal tersebut senada dengan pesan Menteri
Pendidikan Nasional RI dalam sambutan pada peringatan Hardiknas 2 Mei 2011,
Mohammad Nuh:
“Kita
semua telah memahami, bahwa dalam dunia pendidikan itu, manusia sebagai pemeran
utamanya, baik sebagai subyek sekaligus sebagai obyek. Keilmuan sebagai
medianya, memanusiakan manusia sebagai salah satu tujuannya, dan kemampuan
untuk menjawab berbagai persoalan yang sifatnya kekinian maupun antisipasi masa
depan (kenantian) sebagai keniscayaannya. Itulah sebabnya mengapa dunia pendidikan
itu kompleks, menantang namun sangat mulia. Kompleksitas dan tantangan terus
berkembang, seiring dengan perjalanan zaman. Oleh karena itu kita semua harus
secara bersama-sama terus-menerus berikhtiar dengan sungguh-sungguh untuk menanganinya, demi kemuliaan diri, bangsa, negara dan
umat manusia.”
Pendidikan karakter sebagai hasil
merupakan individu yang mempunyai pola pikir dan perilaku yang menjadi ciri
khas untuk hidup dan bekerjasama baik dalam lingkup keluarga,
masyarakat, bangsa dan negara.
Individu yang dikatakan berkarakter baik adalah individu yang bertanggung jawab
tiap akibat dari keputusan yang dibuatnya. Dengan pendidikan karakter ini
sangat mungkin untuk menjawab kompleksitas problematika pendidikan di Indonesia
kekinian dan kenantian. Mengapa demikian?
Dalam buletin Caracter Educator, yang diterbitkan oleh
Caracter Education Partnership diuraikan hasil studi Dr. Marvin Berkowitz dari
University of Missouri St. Louis, menunjukkan peningkatan
motivasi siswa sekolah dalam meraih prestasi akademik pada sekolah-sekolah yang
menerapkan pendidikan karakter. Kelas-kelas yang secara komprehensif terlibat
dalam pendidikan karakter menunjukkan adanya penurunan drastis pada perilaku
negatif siswa yang dapat menghambat keberhasilan akademik.
Sebuah buku yang berjudul Emotional Intelligence and
School Success (Joseph Zins, et.al, 2001) mengkompilasikan berbagai hasil
penelitian tentang pengaruh positif kecerdasan emosi anak terhadap keberhasilan
di sekolah. Dikatakan bahwa ada sederet faktor-faktor resiko penyebab kegagalan
anak di sekolah. Faktor-faktor resiko yang disebutkan ternyata bukan terletak
pada kecerdasan otak, tetapi pada karakter, yaitu rasa percaya diri, kemampuan
bekerja sama, kemampuan bergaul, kemampuan berkonsentrasi, rasa empati, dan kemampuan
berkomunikasi.
Hal itu sesuai dengan pendapat Daniel Goleman tentang
keberhasilan seseorang di masyarakat, ternyata 80% dipengaruhi oleh
kecerdasan emosi (EQ), dan hanya 20% ditentukan oleh kecerdasan otak (IQ). Anak-anak yang mempunyai
masalah dalam kecerdasan emosinya, akan mengalami kesulitan belajar, bergaul
dan tidak dapat mengontrol emosinya.
Tergerak oleh pemikiran
tersebut, Teater GERAK SMK
PGRI 1 Pacitan bersama OSIS SMK PGRI 1 Pacitan merancang satu bentuk lomba fragmen berupa drama pendek. Selain itu, demi terealisasinya lomba fragmen ini, kami mengharap kerjasamanya kepada Pemerintah Kabupaten Pacitan sebagai
penyelenggara dengan kejuaraan dari Piala Bupati Pacitan. Selain itu, kami juga menjalin kemitraan dengan
lembaga-lembaga pendidikan dan kebudayaan lokal di wilayah kabupaten Pacitan, itupun tak terlepas
para pengusaha swasta. Untuk target lebih jauh, tidak menutup kemungkinan untuk menjalin hingga
ditingkatan Jawa Timur. Selanjutnya dari intensitas komunikasi yang berlangsung
antara lembaga-lembaga atau individu tersebut diharapkan mampu melahirkan
sebuah kerja kebudayaan sebagai mediator antara pelajar, Mahasiswa, seniman
lokal, dan pemerintah.***
B.
NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan
ini bernama ”Lomba Fragmen Tingkat SMP Se-Kabupaten Pacitan” dengan tema, “Pendidikan
Karakter dalam Budaya Lokal”
C.
TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini akan
diselenggarakan di SMK PGRI 1 Pacitan
D.
WAKTU KEGIATAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan
pada 26 - 27 Januari 2013 Sabtu dan minggu.
E.
BENTUK
KEGIATAN
Menampilkan peserta lomba
drama pendek dengan durasi maksimal 15 menit dari masing-masing sekolah yang
akan mendapat penilaian dari 3 dewan juri.
Alur proses kegiatan:
1. Pendaftaran peserta dilaksanakan tanggal 7
s/d 19 Januari 2013
2. Technical meeting dilaksanakan tanggal 19 Januari 2013
3. Pelaksanaan Lomba Fragmen pada tanggal 26 - 27 Januari. Dengan rangkaian acara sebagai berikut:
a) Pada tahapan ini akan dibuka oleh Bupati
Pacitan.
b) Pelaksanaan lomba fragmen diikuti yel-yel
pendukung
c) Pengumuman pemenang lomba dan pembagian
trophy+uang pembinaan bagi Juara I,II dan III serta Harapan I, II dan III.
F.
MAKSUD DAN TUJUAN
Kegiatan ”LOMBA FRAGMEN TINGKAT SMP/MTs SE-KABUPATEN PACITAN” bermaksud:
1.
Mencipta dan menumbuh kembangkan pendidikan berbasis karakter melalui pendidikan drama.
2.
Mengembalikan
atmosfir pendidikan sastra terutama drama di Kabupaten Pacitan sebagai upaya
stimulus pendidikan karakter di lembaga sekolah.
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:
1.
Dicapainya
pemahaman baru di tingkat pendidikan mengenahi pentingnya sastra dalam
menciptakan mental dan karakter bangsa serta menanamkan kembali nilai-nilai
kebudayaan yang berakar pada tradisi bangsa.
2.
Dicapainya
arus kompetisi dalam upaya peningkatan karya seni di bidang sastra.
G.
MANFAAT KEGIATAN
1. Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan
Dapat dijadikan sebagai moment kepedulian
Pemerintah Kabupaten Pacitan khususnya terhadap pentingnya seni, sastra dan
budaya kepada masyarakat. Sekaligus sebagai stimulus terwujudnya Pendidikan
Karakter di lembaga sekolah.
2. Bagi Pendidik dan Pelajar SMP
Dapat dijadikan sebagai pengembangan
kreatifitas dan sebagai penguatan atmosfir kesenian di wilayah pelajar
khususnya tingkat SMP/MTs sekaligus sebagai pengejawantaan pendidikan karakter.
3. Bagi Pengembangan diri teater GERAK dan
OSIS SMK PGRI 1 Pacitan
Sebagai bentuk aplikasi kesastraan. Selain
itu sebagai sarana silahturahim dengan Dinas pendidikan Pemerintah Kabupaten
Pacitan dan pelaku Pendidikan di kabupaten Pacitan serta sebagai media
kerjasama dengan pelajar SMP dalam meningkatkan kreatifitas dunia sastra
sebagai upaya mewujudkan pendidikan karakter.
H.
SASARAN KEGIATAN
Sasaran
dari kegiatan Lomba Fragmen ini adalah pelajar SMP/MTs
Se-Kabupaten
Pacitan.
I. PENYELENGGARA
Penyelenggara kegiatan ini adalah OSIS SMK PGRI 1 Pacitan yang bekerjasama
dengan Pemerintah Daerah
Kabupaten Pacitan dan pihak
swasta.
J. PELAKSANA
Pelaksana kegiatan ini adalah Pengembangan diri
Teater GERAK dan OSIS SMK PGRI 1
Pacitan.
K. SUSUNAN PANITIA
(Terlampir).
L. KEJUARAAN
Lomba Fragmen Tingkat SMP Se-Kabupaten Pacitan ini
memperebutkan Trophy Bupati, dengan ketentuan sebagai berikut:
Juara I :
Trophy + Uang Pembinaan (Rp. 500.000,-)
Juara II :
Trophy + Uang Pembinaan (Rp. 400.000,-)
Juara III :
Trophy + Uang Pembinaan (Rp. 300.000,-)
Harapan I :
Trophy + Uang Pembinaan (Rp. 200.000,-)
Harapan II : Trophy + Uang Pembinaan (Rp. 150.000,-)
Harapan III : Trophy + Uang Pembinaan (Rp. 100.000,-)
M. ANGGARAN DANA
Event ”LOMBA FRAGMEN TINGKAT SMP/MTs
SE-KABUPATEN PACITAN” ini akan dilaksanakan dengan usulan anggaran Rp 15.625.000,- (lima belas juta enam ratus
dua puluh lima ribu rupiah) dengan rincian sebagaimana terlampir dalam
prorposal.
N. PENUTUP
Demikian DESKRIPSI program event ”LOMBA FRAGMEN TINGKAT SMP/MTs
SE-KABUPATEN PACITAN” ini disusun untuk diajukan kepada Dinas Pendidikan
Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan. Atas perhatian dan
dukungannya disampaikan banyak terima kasih dan semoga dengan program ini dapat
dicapai manfaat bersama bagi pengembangan rasa kebangsaan, kebudayaan, dan
kesenian.
Salam
sastra dan budaya!
Pacitan, 22 Nopember
2012
Pembina,
OSIS SMK PGRI 1 Pacitan
Endro Wahyudi, S.Pd
|
Ketua
OSIS
Hartanto
|
Mengetahui,
Kepala SMK PGRI 1 Pacitan
Dra. Endang Agustini
NIP
: 19660819 199103 2 007
Lampiran I
SUSUNAN KEPANITIAAN
LOMBA FRAGMEN
“PIALA BUPATI PACITAN”
TINGKAT SMP/MTs
SE-KABUPATEN PACITAN
Penanggung jawab : Dra.ENDANG AGUSTINI
(Kepala sekolah SMK PGRI 1 Pacitan)
Pembina
: Endro
Wahyudi, S.Pd.
Ketua : Hartanto
Sekretaris : 1. Lina Hastutik
2. Masadah Utami
Bendhara : 1. Rindi Windawati
2. Rohmi Pujiastuti
Sie. Humas : 1. Imam Mahfud Hanafi
2. Yudi Arifka
3. Sandra Mailina
4. Erna Wati
Sie. P.O
Pertunjukan : 1. Hendrik Sarwoko
2. Luluk Hidayati
3. Joko Romadhoni
4. Sungkono
Sie.
Dokumentasi : 1. Budi Prasetyo
2. Syaiful Arifin N.P
Sie. Perlengkapan : Tim kreatif Teater Gerak dan
Osis SMK PGRI 1 Pacitan
Sie.
Konsumsi :
1. Triyono
2. Ari Sulistyono
3. Vira Arisanti
4. Tyas Ayu Nopanda
5. Dona
6. Ria Handriani
Lampiran II
RINCIAN ANGGARAN KEGIATAN
”LOMBA FRAGMEN TINGKAT SMP/MTs SE-KABUPATEN PACITAN”
No
|
Uraian Kebutuhan
|
Sat.
|
F
|
Harga Satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
A
|
Divisi Kesekretariatan
|
1.300.000
|
|||
1.
|
Penggandaan
proposal
|
exp
|
5
|
10.000
|
50.000
|
2.
|
Surat-menyurat
|
pkt
|
1
|
300.000
|
300.000
|
3.
|
Amplop
|
dus
|
5
|
20.000
|
100.000
|
4.
|
ATK
|
pkt
|
1
|
500.000
|
500.000
|
5.
|
Penyusunan LPJ
|
pkt
|
1
|
350.000
|
350.000
|
B
|
Divisi Pubdekdok
|
2.550.000
|
|||
1.
|
Cetak
brosur kegiatan
|
lbr
|
300
|
1.000
|
300.000
|
2.
|
Cetak spanduk
|
lbr
|
3
|
300.000
|
300.000
|
3.
|
Setting panggung
|
pkt
|
1
|
1.500.000
|
1.500.000
|
4.
|
Cetak
photo
|
lbr
|
100
|
1.500
|
150.000
|
5.
|
Album
video
|
pkt
|
1
|
300.000
|
300.000
|
C
|
Divisi Perca
|
5.775.000
|
|||
1.
|
Cetak piagam dan sertifikat
|
exp
|
600
|
2.000
|
1.200.000
|
2.
|
Sewa Sound
|
pkt
|
1
|
700.000
|
700.000
|
3.
|
Transport
panitia
|
pkt
|
10
|
100.000
|
1.000.000
|
4.
|
Trophy
kejuaraan:
-
Juara
I
-
Juara
II
-
Juara
III
-
Harapan I
-
Harapan II
-
Harapan III
|
pkt
pkt
pkt
pkt
pkt
pkt
|
1
1
1
1
1
1
|
150.000
100.000
75.000
50.000
50.000
50.000
|
150.000
100.000
75.000
50.000
50.000
50.000
|
5.
|
Uang Pembinaan
-
Juara
I
-
Juara
II
-
Juara
III
-
Harapan I
-
Harapan II
-
Harapan III
|
pkt
pkt
pkt
pkt
pkt
pkt
|
1
1
1
1
1
1
|
500.000
400.000
300.000
200.000
150.000
100.000
|
500.000
400.000
300.000
200.000
150.000
100.000
|
6.
|
Transport Dewan Juri
|
org
|
3
|
250.000
|
750.000
|
D
|
Divisi Konsumsi
|
4.500.000
|
|||
1.
|
Snack
|
box
|
700
|
5.000
|
3.500.000
|
2.
|
Konsumsi
panitia
|
pkt
|
50
|
10.000
|
500.000
|
3.
|
Konsumsi Dewan Juri
|
pkt
|
1
|
200.000
|
200.000
|
4.
|
Air
mineral
|
box
|
20
|
15.000
|
300.000
|
E
|
Divisi Humas
|
1.500.00
|
|||
1.
|
Transportasi
|
pkt
|
1
|
1.000.000
|
1.000.000
|
2.
|
Komunikasi
|
pkt
|
1
|
500.000
|
500.000
|
***
|
Jumlah Total: A + B + C + D
+ E
|
15.625.000
|
Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan komentar anda.